Melibatkan
diri dengan basis pelanggan yang sudah ada bisa sangat mahal, terutama
dalam kondisi sekarang ketika biaya iklan kian meningkat dan hasil
positif dari kampanye iklan lebih sulit dicapai.
Dalam masa
yang penuh tantangan seperti itu, pemasar harus mencari cara baru, di
mana mereka dapat menetapkan target tersegmentasi khusus untuk kampanye,
meningkatkan sentuhan pelanggan, dan menganalisa informasi yang
dikumpulkan dari setiap kampanye untuk memaksimalkan ROI (Return On Investment).
Jika Anda berfokus pada keterlibatan pelanggan, mobile marketing menyediakan kemampuan untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut beberapa manfaat utama menggunakan mobile marketing sebagai alat keterlibatan pelanggan:
Mudah dan instan
Pesan mobile marketing disampaikan dalam hitungan detik. Hal ini akan menghasilkan sentuhan yang positif. Sebagian besar aplikasi mobile marketing juga sangat mudah dioperasikan. Itu artinya, sangat mudah untuk mengelolanya.
Mudah dan efektif
Mendistribusikan pesan dengan SMS (Short Messages Service) lebih murah, tidak ada biaya percetakan. Hal itu membuatnya sangat efektif.
Pengiriman
Ingat, ini
adalah pelanggan Anda, dan Anda harus mendapatkan/memiliki izin untuk
mengirim pesan melalui ponsel. Pengiriman biasanya dijamin, karena orang
jarang mengubah nomor ponselnya. Hal ini juga berlaku jika Anda
membandingkannya dengan email, direct mail dan bentuk lain dari iklan.
Tingkat respon
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tingkat respon konsumen terhadap mobile marketing adalah sekitar 15%. Ini jauh lebih tinggi ketimbang email yang hanya 1-3%.
Personalisasi
Pesan dapat
ditargetkan pada individu yang telah bersedia untuk menerima pesan. Hal
tersebut memberikan kesempatan untuk mempersonalisasikan serta
menyesuaikan pesan merek kepada khalayak yang lebih beragam.
Pelanggan dalam jangkauan
Meningkatnya pengguna mobile memastikan mobile berada dalam genggaman pelanggan mencapai 80% setiap harinya. Itu artinya Anda lebih mungkin untuk terlibat dengan pelangan.
Interaksi satu atau dua arah
Mobile marketing
dapat menyediakan interaksi satu arah dengan sangat baik (misal tawaran
promosi, kesepakatan khusus, dan lainnya), atau dua arah (misal klik
pada link untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, seperti di FB dan lainnya). Hal ini tergantung pada tujuan kampanye.
Integrasi promosi marketing
Integrasi adalah kunci keberhasilan mobile marketing. Mobile campaign dan kampanye lainnya harus diintegrasikan dengan baik dengan strategi merek secara keseluruhan .
Saat ini banyak alat yang menyediakan fasilitas untuk mengintegrasikan antara sistem CRM dengan aplikasi mobile untuk meningkatkan efektivitas mereka.
Measurable (terukur)
Rentang
pengukuran dapat digunakan untuk melacak dan menganalisa efektivitas
kampanye dan menghubungkannya kembali ke ROI. Namun, para pemasar harus
berhati-hati dengan perangkap kesulitan yang mungkin timbul.
Mobile
adalah benda yang sangat pribadi. Pemasar harus berhati-hati dengan
profil pelanggan, mengenali apa yang mereka inginkan, apa yang mereka
butuhkan, serta menyampaikan hal tersebut. Evolusi mobile marketing akan mendorong pertumbuhan keterlibatan pelanggan mobile.
Editor: Wahid FZ
Sumber: LAC