Services Laptop Nganjuk

Tips Mengatur Kas Usaha Anda

Tips Mengatur Kas Usaha Anda
Jika anda memmpunyai suatu usaha ada baiknya anda mengatur arus kas usaha anda agar bisnis anda dapat berjalan sepanjang waktu tanpa kendala keuangan. Setiap perusahaan biasanya sudah memiliki sistem standar prosedur keuangan (SOP) hal ini bertujuan agar tidak terjadi pemborosan dana, pencurian dana kas, dan kesalahan wewenang dalam mengelola keuangan.
Perusahaan sendiri pun biasanya memiliki cara yang berbeda - beda dalam mengatur kas keuangannya. Hal ini dimaksud agar mereka dapat membuat laporan keuangan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Untuk efektif dalam mengatur dan mnegontrol arus kas usaha anda ada baiknya anda mengikuti beberapa tips berikut :
  • Gunakan Sitem Vocer
    voucher berfungsi sebagai alat kontrol untuk mengontrol setiap transaksi yang terjadi baik transaksi penerimaan atau transaksi pengeluaran.
  • Gunakan Rekening Bank
    Untuk setiap transaksi yang terjadi ada baiknya menggunakan rekening bank perusahaan. Bank sudah memiliki sistem keamanan yang dapat dipercaya sehingga kas usaha anda akan terjamin keamanannya. Selain itu bank juga memberikan laporan bulanan untuk mutasi transaksi usaha melalui laporan rekening Koran yang dapat diminta secara bulanan atau kapan saja.
  • Pembentukan Dana Petty Cash
    Dana Petty Cash adalah alkosi dana kecil yang melakukan pengeluaran - pengeluaran kecil yang biasa dilakukan rutin setiap hari. Petty Cash ditentukan seberapa besar oleh perusahaan untuk batasan maksimal pengeluaran perusahaan dalam jangka waktu tertentu.
Tip diatas sudah biasa dilakukan oleh perusahaan - perusahaan besar. Namun tidak ada salahnya pelaku ukm menerapkan tips ini. Semoga bermanfaat smile


Sumber :
1. http://bisnisukm.id/tips-sederhana-mengontrol-arus-kas-usaha/
2. http://ukmsukses.com/tips-mengontrol-kas-usaha/