UKMSukses.com – Satu lagi media jejaring sosial memberikan
kemudahaan setelah Facebook dengan Facebook Ads dan Google dengan Google
Adwords yang sudah dulu hadir melakukan kegiatan pemasaran dan memasang
iklan dengan mambantu para UKM Indonesia untuk memasarkan produknya
secara online. Jejaring media sosial tersebut resmi meluncurkan layanan
iklan mandiri Twitter Ads.
Hal ini merupakan salah satu bentuk upaya Twitter untuk mengembangkan
UKM di seluruh indonesia, yang sejalan dengan salah satu tujuannya.
Dimana Indonesia adalah pasar global terbesar dengan banyaknya pengguna
Twitter dengan jutaan pengguna Twitter yang aktif yang terus bertambah
tiap menitnya. Menurut data Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil
Menengah, sekarang ini terdapat 58 juta UKM di Indonesia dengan
menyumbang 60 persen Gross Domestic Product (GDP) yang
merupakan 97 persen total pekerjaan yang tersedia. Hal ini merupakan
salah satu alasan pertama mengapa Twitter mencoba memberikan fasilitas
kemudahan kepada para pelaku UKM.
Kemudian alasan yang kedua adalah dengan memanfaatkan prilaku masyarakat Indonesia, dengan sosial commerce yaitu conten discovery, human conection dan self expression.
Sebab masyarakat Indonesia sangat mudah menerima terutama untuk pasar
domestiknya. Kedua alasan tersebut menjadi patokan perusahaan yang
didirikan di San Francisco, California, Amerika Serikat tersebut untuk
membantu mengembangkan bisnis UKM.
Layanan iklan tersebut dilakukan melalui dua cara yaitu, Promoted Account dan Promoted Tweets.
Dengan melalui dua cara tersebut Twitter dianggap bisa membantu para
UKM agar lebih banyak follower atau menonjol di Twitter, tweet lebih
banyak dilihat atau di-retweet dan memungkinkan aplikasi tersebut dapat
menjaring lebih banyak orang. Maka dengan layanan tersebut berguna untuk
menjangkau target pasar yang lebih spesifik, serta dapat dimonitor dan
dapat dianalisa hasilnya secara real time.
Selain itu, pelaku UKM juga dapat menjangkau calon pelanggan atau
pembeli dengan berbagai cara berdasarkan wilayah demografi, minat, akun
yang mereka follow, perangkat, dan kata kunci untuk keywords, location
serta gender.
Sayangnya, ada hambatan didalam metode pembayarannya yang disediakan
oleh pihak Twitter. Hal ini karena cara pembayarannya dengan penggunaan
kartu kredit yang sungguh disayangkan tidak banyak atau bisa dibilang
sangat minim penggunaan kartu kredit oleh pelaku UKM dalam melakukan
pembayaran layanan iklan tersebut. (ang)
sumber http://ukmsukses.com/twitter-memberi-kemudahan-iklan-ukm/