Services Laptop Nganjuk

UKM Bisa Hasilkan Inovasi Dengan Budget Minim!

Ketika berbicara tentang inovasi, barangkali yang langsung terbersit di benak kita adalah perusahaan berskala global seperti Apple dan Google. Memang tak heran jika perusahaan sekaliber mereka bisa memberikan inovasi-inovasi yang mengubah dunia, mengingat dukungan finansial untuk riset tentu sangat besar.
Lalu, bagaimana UKM yang notebene perusahaan kecil, bisa berinovasi dengan dana minim?
Sekali lagi, inovasi lahir dari sebuah gagasan. Google Glass, smartwatch atau OS Windows tidak lahir dari sebuah akun bank, melainkan dari benih pemikiran penciptanya. Dari manakah sebuah gagasan muncul? Bisa dari mana saja. Dari diskusi, pertemuan bisnis, surat kabar dan sebagainya.
Yang perlu diingat selanjutnya adalah bahwa inovasi bukanlah kompetisi. Memang persaingan bisnis dalam industri mana pun kian ketat. Tapi kita tak bisa memaksakan inovasi muncul dengan cara terus memantau apa yang dilakukan oleh pesaing.
Terlepas dari kemajuan yang mereka buat, kita sendiri harus siap di posisi ‘kemudi’ bisnis. Mengingat inovasi tak bisa dipaksakan, alih-alih memaksakan pegawai dan lingkungan kerja untuk berinovasi, maka akan lebih bijak jika kita menciptakan lingkungan kerja yang bisa mendorong lahirnya inovasi.
Inovasi tak selalu tangible
Berbicara bentuk inovasi, mungkin banyak dari kita yang mengasosiasikan inovasi dengan bentuk produk atau layanan. Mungkin banyak pula dari kita yang mengabaikan inovasi dalam konteks produktivitas, lingkungan kerja atau perspektif.
Mungkin banyak bisnis yang fokus pada inovasi yang secara langsung mendatangakan omzet. Misalnya, iPod, tablet, atau smartphone. Padahal ada banyak pula inovasi yang mungkin bisa memberikan manfaat namun tak secara langsung. Ambil contoh sederhana, misalnya mengubah tatanan ruang menjadi istimewa.
Memang cara tersebut tidak mendatangkan uang secara langsung, tapi suasana baru bisa membuat para pegawai lebih semangat untuk bekerja. Cara tersebut pada akhirnya membuat bisnis dan lingkungan bisnis kita menjadi berbeda. Inovasi tak harus sesuatu yang bisa dihitung.
Dari mulai pemikiran hingga penciptaan suatu produk, kita sebagai pemilik UKM bertanggung jawab terhadap inovasi yang kita buat. Jalan menuju inovasi sesungguhnya tidak selalu membutuhkan biaya besar. Kita bisa melakukannya dari hal-hal kecil dulu.
Apa inovasi yang sudah UKM Anda hasilkan?
Sumber: Chamberofcommerce